Rabu, 16 November 2011

NCBI

Berikut ini sebuah artikel mengenai NCBI. Apakah NCBI tersebut??? serta kaitannya dengan akuakultur.

Tujuan
Artikel ini dibuat agar pembaca sekalian dapat mengetahui apa yang disebut ncbi melalui paparan penulis.

Pengertian NCBI
  NCBI adalah singkatan dari National Centre for Biotechnology Information, yaitu pusat nasional untuk kemajuan ilmu pengetahuan bioteknologi. NCBI merupakan suatu institusi yang konsen sebagai sumber informasi perkembangan biologi molekuler. Akses cepat ke sumber daya yang digunakan oleh para ilmuwan NCBI untuk mengumpulkan dan menganalisis genom.
 National Center for Biotechnology Information (NCBI) adalah bagian dari Amerika Serikat National Library of Medicine (NLM) yaitu sebuah cabang dari National Institutes of Health. NCBI didirikan pada tahun 1988, terletak di Bethesda, Maryland. NCBI diarahkan oleh David Lipman seorang tokoh yang dihormati di bioinformatika yang merupakan salah satu penulis asli dari program BLAST. Dia juga memimpin program penelitian intramural, termasuk kelompok yang dipimpin oleh Stephen Altschul (BLAST co-penulis). David lipman, dan Eugene Koonin (seorang penulis produktif di genomik komparatif)
 NCBI membuat database yang dapat diakses oleh publik, merangsang riset biologi terkomputasi, mengembangkan software penganalisis data genome, dan menyebarkan informasi biomedical yang kesemuanya diharapkan mengarah pada pemahaman yang lebih baik tentang proses-proses molekuler yang mempengaruhi manusia dan kesehatannya.
berikut adalah situs akses NCBI : www.ncbi.nlm.nih.gov.
Salah satu tools yang tersedia dalam situs NCBI ini adalah BLAST.
BLAST (Basic Local Alignment Search Tool) merupakan suatu alat pencari yang dapat menyesuaikan dan mencari sekuen yang mirip dengan sekuen meragukan yang kita miliki melalui perbandingan sekuen melalui GenBank DNA database dalam waktu singkat.
Dari tools yang tersedia pada data base NCBI dapat mencari referensi peneliatian, dan mendukung materi lmiah sebuah penelitian. Keterkaitan perannya dalam akuakultur adalah penyediaan data baik jurnal penelitian atau artikel yang menyinggung bioteknologi molekuler makhluk hidup. Seperti pada identifikasi sebuah DNA ikan sehat dan ikan tidak sehat, identifikasi agent penyakit baru serta penemuan obat untuk mengatasinya. Contoh kasus dapat dilihat pada link berikut :
INFO IPTEK
Friday, October 8, 2010
Mengendus Pemalsuan Ikan lewat Analisis DNA
Kesimpulan
NCBI merupakan suatu institusi yang konsen sebagai sumber informasi perkembangan biologi molekuler yang dapat diakses oleh publik, merangsang riset biologi terkomputasi, mengembangkan software penganalisis data genom, dan menyebarkan informasi biomedikal yang kesemuanya diharapkan mengarah pada pemahaman yang lebih baik tentang proses-proses molekuler yang mempengaruhi makhluk hidup dan kesehatannya. Hal tersebut memberikan informasi dan referensi sebuah penelitian terhadap perkembangan rekayasa akuakultur yang berkaitan dengan genetic dan identifikasi agent penyakit serta penemuan obat untuk mengatasi penyakit tersebut.
Sumber
http://www.ristek.go.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar